Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional Matematika SMA/MA Tahun
Pelajaran 2012/2013
1.
Program
IPA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan logika
matematika dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan penarikan
kesimpulan dari beberapa premis.
|
Menentukan ingkaran
atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi
aljabar
sederhana,
fungsi kuadrat, fungsi
eksponen dan
grafiknya, fungsi
komposisi dan
fungsi invers, sistem
persamaan
linear, persamaan dan
pertidaksamaan
kuadrat, persamaan
lingkaran dan
garis singgungnya,
suku banyak,
algoritma sisa dan
teorema
pembagian, program linear,
matriks dan
determinan, vektor,
transformasi
geometri dan
komposisinya,
barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma.
|
Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan
masalah persamaan atau fungsi
kuadrat dengan menggunakan
diskriminan.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan
persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
teorema sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
komposisi dua fungsi atau fungsi
invers.
|
||
Menyelesaikan masalah
program linear.
|
||
Menyelesaikan operasi
matriks.
|
||
Menyelesaikan
operasi aljabar beberapa vektor
dengan syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan trigonometri
sudut antara dua vektor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan
bayangan titik atau kurva karena dua
transformasi atau lebih.
|
||
Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah
deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah
deret geometri.
|
||
3.
|
Menentukan
kedudukan, jarak dan
besar sudut
yang melibatkan titik,
garis, dan bidang dalam ruang.
|
Menghitung
jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang dimensi
tiga.
|
4.
|
Menggunakan
perbandingan, fungsi,
persamaan,
identitas dan rumus
trigonometri
dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan
masalah geometri dengan
menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan
persamaan trigonometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri yang menggunakan
rumus jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih
dua sudut.
|
||
5.
|
Memahami
konsep limit, turunan dan
integral dari
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menghitung
nilai limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.
|
Menyelesaikan soal
aplikasi turunan fungsi.
|
||
Menentukan
integral tak tentu dan integral tentu
fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.
|
||
Menghitung
luas daerah dan volume benda putar
dengan menggunakan integral.
|
||
6.
|
Mengolah,
menyajikan dan
menafsirkan
data, serta mampu
memahami
kaidah pencacahan,
permutasi,
kombinasi, peluang
kejadian dan
mampu menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung
ukuran pemusatan atau ukuran letak
dari data dalam bentuk tabel, diagram
atau grafik.
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari dengan
menggunakan
kaidah pencacahan, permutasi atau
kombinasi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
|
2.
Program
IPS
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan logika
matematika dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ingkaran
atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
Menentukan penarikan
kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
2.
|
Memahami
konsep yang berkaitan
dengan aturan
pangkat, akar dan
logaritma,
fungsi aljabar sederhana,
fungsi kuadrat
dan grafiknya,
persamaan dan
pertidaksamaan
kuadrat,
komposisi dan invers fungsi,
sistem
persamaan linear, program
linear,
matriks, barisan dan deret,
serta mampu
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi kuadrat.
|
||
Menentukan
komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat.
|
||
Menentukan
penyelesaian dari sistem persamaan
linear dua variabel.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua
variabel.
|
||
Menentukan
nilai optimum bentuk objektif dari
daerah
himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linear.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan program linear.
|
||
Menyelesaikan
masalah matriks yang berkaitan
dengan
kesamaan, determinan, dan atau invers
matriks.
|
||
Menentukan
suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret aritmetika atau geometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan barisan dan deret aritmetika.
|
||
3.
|
Memahami limit
fungsi aljabar,
turunan
fungsi, nilai ekstrim, dan
integral
fungsi serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung
nilai limit fungsi aljabar.
|
Menentukan turunan
fungsi aljabar dan aplikasinya.
|
||
Menentukan integral
fungsi aljabar.
|
||
Menentukan
luas daerah dengan menggunakan
integral.
|
||
4.
|
Mengolah,
menyajikan, dan
menafsirkan
data dan memahami
kaidah
pencacahan, permutasi,
kombinasi dan
peluang kejadian serta
mampu
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan kaidah
pencacahan, permutasi, atau
kombinasi.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
peluang dan frekuensi harapan suatu
kejadian.
|
||
Menentukan
unsur-unsur pada diagram lingkaran
atau batang.
|
||
Menghitung
nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel atau diagram.
|
||
Menentukan
nilai ukuran penyebaran.
|
3.
Program
Bahasa
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan logika
matematika dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ingkaran
atau kesetaraan dari pernyataan majemuk.
|
Menentukan penarikan
kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
2.
|
Memahami
konsep yang berkaitan
dengan aturan
pangkat, akar dan
logaritma,
fungsi aljabar sederhana,
persamaan dan
pertidaksamaan
kuadrat,
sistem persamaan linear,
program
linear, matriks, barisan dan
deret, serta
mampu menggunakannya
dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan
hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
|
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
|
||
Menentukan
unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
|
||
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan
kuadrat.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
persamaan
kuadrat.
|
||
Menyelesaikan sistem
persamaan linear dua variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah
program linear.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi, determinan, atau invers
matriks.
|
||
Menentukan
suku ke-n atau jumlah n suku pertama dari deret aritmetika dan deret
geometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah sederhana yang berkaitan
dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
3.
|
Mengolah,
menyajikan, dan
menafsirkan
data dan memahami
kaidah
pencacahan, permutasi,
kombinasi, dan
peluang kejadian,
serta
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan kaidah
pencacahan, permutasi, atau
kombinasi.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
peluang kejadian.
|
||
Menentukan
unsur-unsur pada diagram lingkaran
atau batang.
|
||
Menghitung ukuran
pemusatan dari data pada tabel atau diagram.
|
||
Menentukan
ukuran letak data tunggal.
|
||
Menentukan
ukuran penyebaran data tunggal.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar