Rabu, 07 Oktober 2020

SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR & PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo Sahabat Rumah Belajar, apa kabar semuanya? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat.

Kali ini saya akan melanjutkan tulisan saya tentang salah satu kegiatan yang harus saya lakukan sebagai salah satu peserta PembaTIK Level 4 (Berbagi) yaitu Sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran. Kegiatan kelima yang saya lakukan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020 Pukul 13.00 - 15.00 WIB. Peserta kegiatan ini adalah guru-guru yang tergabung dalam komunitas MGMP Matematika MTs Jakarta Timur yang berjumlah 81 orang. Untuk daftar hadir dari peserta kegiatan dapat dilihat di sini.


Kegiatan Sosialisasi Portal Rumah Belajar yang saya lakukan ini mempunyai tujuan peserta mampu memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Portal Rumah Belajar Kemdikbud untuk PJJ dan peserta mampu membuat video pembelajaran. Sedangkan materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah Pengenalan Fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar dan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar, serta Pembuatan Video Pembelajaran.

Kegiatan ini diawali dengan arahan dan sambutan oleh Ketua MGMP Matematika MTs Jakarta Timur. Kegiatan ini juga menghadirkan Ketua KKMTs Jakarta Timur sebagai Keynote Speaker. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari Narasumber dengan pembagian materi sebagai berikut:

  • Andriani, M.Pd menyampaikan materi Sumber Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar untuk Guru dan Peserta Didik
  • Nursiah, S.Si menyampaikan materi Bank Soal dan Kelas Maya dan Pemanfaatannya untuk PJJ
  • Dra. Listiariati menyampaikan materi Laboratorium Maya dan Pemanfaatannya untuk PJJ
  • Heri, S.Si, MM, Gr menyampaikan materi Fitur Pendukung dan Pemanfaatannya untuk PJJ
  • Iffah Fitrieyah, S.Pd menyampaikan materi Pembuatan Video Pembelajaran
Bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini adalah Iffah Fitrieyah, S.Pd. Setelah selesai presentasi dan membuka Portal Rumah Belajar, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan kuis. 







Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan antusias peserta sangat tinggi dibuktikan dengan hasil evaluasi kepuasan peserta kegiatan yang dapat dilihat di sini

Video selama kegiatan tersebut berlangsung dapat dilihat di sini

Terima kasih tak terhingga saya ucapkan untuk semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

**********

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

1 komentar: