Sabtu, 26 September 2020

PEMANFAATAN FITUR BANK SOAL

 

Bank Soal adalah salah satu fitur utama di portal Rumah Belajar yang terdiri dari kumpulan soal latihan, ulangan dan ujian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi belajar peserta didik. Bank Soal menyediakan bahan evaluasi untuk jenjang pendidikan SD/SMP/SMA/SMK dan SLB.

Setiap guru mata pelajaran di berbagai jenjang dan tingkat dapat menyusun evaluasi hasil belajar yang tersedia pada fitur Bank Soal yakni berupa latihan, ulangan dan ujian sesuai dengan materi/topik pembelajaran yang diinginkan.

Peserta didik juga dapat mengakses semua butir soal secara gratis dan mudah. Dalam durasi yang telah ditentukan, peserta didik dapat mengerjakan soal-soal berbentuk pilihan ganda. Di akhir sesi pengerjaan, peserta didik dapat melihat skor (nilai) dan jawaban serta pembahasan dari masing-masing butir soal tersebut.

Cuplikan Tampilan Utama Bank Soal


Langkah-Langkah Mengakses Soal-Soal di Bank Soal
  1. Kunjungi portal rumah belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id kemudian pilih fitur Bank Soal.
  2. Untuk mengakses soal-soal di evaluasi umum yang tersedia tanpa daftar dan login peserta didik langsung dapat memilih menu jenjang pendidikan >> mata pelajaran >> evaluasi umum >>topik pembelajaran.
  3. Untuk mengakses soal-soal yang khusus dibuat oleh guru, Peserta Didik terlebih dahulu mendaftar di sekolah yang sama dengan gurunya, setelah itu peserta didik login dengan username dan password.

Langkah-Langkah Membuat Soal-Soal Evaluasi di Bank Soal
  1. Untuk dapat membuat soal evaluasi di Bank Soal, guru harus mendaftar di fitur Bank Soal.
  2. Login menggunakan username dan password, lalu klik ‘buat soal’ dan ‘upload soal’.
  3. Untuk pilihan ‘buat soal’, guru dapat membuat dan menambahkan soal baru dengan mengklik tombol Buat Baru pada halaman Daftar Soal.
  4. Untuk pilihan ‘upload soal’, guru dapat membuat atau menambahkan soal sejumlah soal yang akan guru unggah.
Contoh Pemanfaatan Bank Soal
  • Dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pendidik dapat menggunakan Bank Soal pada kegiatan bagian kegiatan inti dan kegiatan penutup.
  • Pada kegiatan inti (proses mengumpulkan informasi), Bank Soal menjadi sumber evaluasi pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dimana di dalam LKPD tersebut Peserta Didik akan diberikan alamat atau link menuju Bank Soal.
  • Pada kegiatan akhir pada proses Belajar dari Rumah (BDR), pendidik melakukan penilaian/evaluasi berupa beberapa soal pilihan ganda atau essai untuk mengetahui tingkat pemahaman Peserta Didik terhadap materi/topik yang diberikan.
  • Selain dapat digunakan sebagai bahan penilaian/evaluasi belajar peserta didik pada kegiatan akhir dalam kegiatan pembelajaran, Bank Soal juga dapat diformulasikan dan digunakan untuk membuat ulangan dari satu topik tertentu atau gabungan beberapa topik pembelajaran, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
----------

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar