Selasa, 29 September 2020

PEMANFAATAN FITUR LABORATORIUM MAYA


Laboratorium Maya pada portal Rumah Belajar Kemdikbud merupakan software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Dengan kata lain, laboratorium virtual atau maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah guna menekankan sebuah konsep atau mendalami sebuah konsep-konsep tertentu. Laboratorium Maya diperlukan untuk memperkuat pemahaman konsep dalam proses pembelajaran. Laboratorium Maya bukanlah pengganti tetapi bagian dari Laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. Di samping itu dimungkinkan pula bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki laboratorium secara fisik dapat menerapkan Laboratorium Maya.

Fitur Laboratorium Maya memiliki beberapa keunggulan yaitu melengkapi sumber belajar peserta didik, sebagai bentuk pengintegrasian dari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, namun demikian Laboratorium Maya bukanlah pengganti tetapi bagian dari laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada; memiliki kemampuan modeling dan simulasi yang memungkinkan untuk memperjelas konsep.

Simulasi dalam Laboratorium Maya merupakan program komputer yang mereproduksi fenomena alam melalui visualisasi dari sebuah model. Simulasi dapat:
  • membantu peserta didik dalam mempelajari model fenomena alam dalam dunia nyata yang memiliki perilaku sistem kompleks.
  • membantu peserta didik untuk memahami dunia konseptual dari ilmu pengetahuan melalui animasi, yang dapat meningkatkan pemahaman dari konsep ilmiah yang abstrak. Laboratorium Maya dapat dibuka melalui jaringan internet dengan cara mengetikkan alamat: belajar.kemdikbud.go.id pada web browser.

Untuk berselancar di Laboratorium Maya silahkan meng-klik link berikut ini: https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar