Minggu, 27 September 2020

PEMANFAATAN FITUR KELAS MAYA

Kelas Maya merupakan salah satu fitur dalam portal Rumah Belajar yang bisa dimanfaatkan untuk menyelenggarakan aktivitas belajar jarak jauh. Kelas Maya memungkinkan pembelajaran dilakukan secara terstruktur meskipun tidak melaksanakan pertemuan tatap muka. Aktivitas dalam Kelas Maya mengedepankan kemandirian belajar peserta didik dalam bentuk:
1. belajar melalui modul dan berbagai media
2. berdiskusi
3. mengerjakan tugas
4. evaluasi pembelajaran

Interaksi belajar bisa berlangsung secara sinkronus dan ansikronus. Meskipun membutuhkan internet, tetapi aktivitas BDR melalui Kelas Maya ini dapat dilakukan secara daring (online) serta luring (offline). Pemanfaatan Kelas Maya mempermudah guru untuk mengelola portofolio hasil belajar peserta didik, serta orang tua dalam mendampingi peserta didik dalam BDR.

Tahapan Pemanfaatan Kelas Maya
Protokol pembatasan fisik pada masa pandemi dan kenormalan baru juga berpengaruh pada proses pembelajaran. Pertemuan belajar tatap muka dikurangi, bahkan ditiadakan. Sehingga peserta didik harus melakukan BDR. Pendayagunaan teknologi pembelajaran berupa Kelas Maya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi adanya jarak tersebut. Berikut merupakan tahapan/prosedur untuk menyelenggarakan Kelas Maya dalam BDR:










Tidak ada komentar:

Posting Komentar